World Clock

Bentuk Organisasi

Posted by Unknown Label:

Bentuk Organisasi

          Bentuk organisasi adalah mekanisme formal organisasi yang sudah diolah. Struktur ini terdiri dari unsur spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.

Bentuk organisasi menurut beberapa ahli terbagi menjadi :
1.      Organisasi Lini
Merupakan bentuk organisasi yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dengan bawahan, dari pimpinan tertinggi sampai dengan jabatan-jabatan yang terendah yang dihubungkan dengan garis wewenang atau komando.

2.      Organisasi Lini dan Staff
Merupakan kombinasi dari organisasi lini, asas komando dipertahankan tetapi dalam kelancaran tugas pemimpin dibantu oleh para staff, dimana staff berperan memberi masukan, bantuan pikiranm saran-saran, data informasi yang dibutuhkan.

3.      Organisasi Fungsional
Merupakan bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada-kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.

4.      Organisasi Lini dan Funsional
Merupakan bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi tadi masih melimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional yang melaksanakan bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya diserahkan kepada-kepala unit terdahulu tanpa memandang tingkatan.

5.      Organisasi Lini, Fungsional dan Staff
Merupakan perkembangan lebih lanjut dari organisasi berbentuk lini dan fungsional yang merupakan gabungan dari bentuk lini, fungsional, dan staff.

6.      Organisasi Komite
Merupakan bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan

PT Gudang Garam Tbk merupakan organisasi yang berbentuk lini dan fungsional, karena PT Gudang Garam Tbk adalah organisasi yang besar yang memiliki banyak karyawan, dan wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu.

Untuk penjelasan mengenai struktur organisasi PT. Pertamina, silahkan klik disini.
Untuk penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan organisasi PT. Pertamina, silahkan klik disini.



Sumber : http://fachmixyz.blogspot.co.id/2014/11/bentuk-struktur-organisasi.html

0 komentar:

Posting Komentar