World Clock

Perubahan Dan Pengembangan Organisasi

Posted by Unknown Label:

PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI


I.    PERUBAHAN ORGANISASI

A.    Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Organisasi

1.      Faktor internal :
-        Perubahan kebijakan pimpinan.
-        Perubahan tujuan.
-        Perluasan wilayah operasi tujuan.
-        Volume kegiatan bertambah banyak.
-        Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.

2.      Faktor eksternal :
-        Politik
-        Hukum
-        Kebudayaan
-        Teknologi
-        Sumber Daya Alam
-        Demografi
-        Sosiologi

B.     Sikap Organisasi Dalam Menghadapi Terjadinya Perubahan Organisasi
1.      Mengadakan perubahan struktur organisasi.
2.      Mengubah sikap & perilaku pegawai.
3.      Mengubah tata aliran kerja.
4.      Mengubah peralatan kerja.
5.      Mengubah prosedure kerja
6.      Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.

C.    Proses Melakukan Perubahan Organisasi
1.      Mengadakan pengkajian.
2.      Mengadakan identifikasi.
3.      Menetapkan perubahan.
4.      Menentukan strategi.
5.      Melakukan evaluasi.

D.    Jenis Perubahan Organisasi
1.      Perubahan tidak terencana (unplanned change)
2.      Perubahan bersifat spontan, tanpa ada arahan dari agen perubahan. Misalnya pemogokan liar yang membuat pabrik tutup, atau konflik interpersonal yang menghasilkan prosedur baru dalam hubungan antar departemen.
3.      Perubahan terencana (planned change), dihasilkan oleh usaha-usaha yang dilakukan oleh agen perubahan. Perubahan ini merupakan respon dari adanya perbedaan antara apa yang diharapkan dan kondisi aktual (performance gap).

E.     Target Perubahan Organisasi
1.      Tugas : Sifat dasar pekerjaan yang ditunjukkan oleh misi, tujuan dan strategi organisasi serta desain pekerjaan untuk individu/kelompok.
2.      SDM : Perilaku dan kemampuan karyawan serta sistem SDM yang mendukungnya.
3.      Budaya : Sistem nilai yang dimiliki organisasi secara keseluruhan serta norma yang mengarahkan perilku individu/kelompok.
4.      Teknologi : Teknologi untuk mendukung desain pekerjaan, mengatur aliran kerja, dan mengintegrasikan manusia dan mesin dalam sistem kerja.
5.      Struktur : Susunan organisasi sebagai sistem kompleks termasuk birokrasi, jalur wewenang dan komunikasinya.


II.    Pengembangan Organisasi

A.    Definisi Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi adalah suatu usaha jangka panjang untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghadapi kondisi lingkungan dan menyelesaikan permasalahannya.

B.     Ciri-Ciri Pengembangan Organisasi
1.      Merupakan usaha yang dilakukan secara berencana.
2.      Mencerminkan suatu proses yang berlangsugn terus-menerus.
3.      Berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan.
4.      Merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi.
5.      Merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb.

C.    Metode Pengembangan Organisasi
1.      Jaringan manajerial.
2.      Latihan kepekaan.
3.      Pembentukan tim.
4.      Umpan balik Survei.

D.    Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
1.      Latihan ditempat kerja.
2.      Latihan instruksi kerja.
3.      Latihan diluar tempat kerja.
4.      Latihan ditempat tiruan.


Sumber :
 http://lista.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/22305/P+12+perubahan-pengembangan-organisasi.pdf
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Mimin%20Nur%20Aisyah,%20M.Sc.,%20Ak./Bab%2012%20Perubahan%20&%20Pengembangan%20Organisasi.pdf

0 komentar:

Posting Komentar